LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN
Di
Susun Oleh :
Nama : Dodi Andika
NPM : E1I014031
Prodi : Ilmu Kelautan
Hari/Jam : Kamis, Pukul 08.00-10.00
Tanggal : 22
Oktober 2015
Ko-Ass
:
Maria Pustika Wati
Dosen Pembimbing :
1. Ir. Entang Inoriah, MP
2. Nurlaila Ervina Herliany, S.Pi. M.Si
Objek
Praktikum :
Kompetisi Pasar
(simulasi)
PROGRAM
STUDI ILMU KELAUTAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2015
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam era
persaingan usaha yang semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis
yang ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan
perhatian penuh pada srategi pemasaran yang dijalankannya . Produk – produk
yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki
sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan
produk tersebut. Dengan demikian pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati
apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia bagi
perusahaan. Sedangkan untuk dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa
merupakan hal yang tidak mudah. Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian
barang kepada konsumen harus ada perhatian penuh dari manajemen pemasaran
paling atas hingga karyawan level bawah .
Salah satu
masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan
didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal
tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu
perusahaan jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang
semakin tajam dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan
pelajaran oleh manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi
perubahan-perubahan yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang.
Untuk membahas hal tersebut, lebih jauh kita akan bahas dalam bab-bab berikut
dari makalah ini.
Munculnya persaingan dalam berwirausaha merupakan hal yang tidak dapat
dihindari. Dengan adanya persaingan, maka wirausahawan dihadapkan pada berbagai
peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam perusahaan
yang akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup
usaha. Untuk itu setiap wirausaha dituntut untuk selalu mengerti dan memahami
apa yang terjadi dipasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta
berbagai perubahan yang ada di lingkungan bisnis sehingga mampu bersaing dengan
dunia bisnis lainnya dan berupaya untuk meminimalisasi kelemahan-kelemahan dan
memaksimalkan kekuatan yang dimiliki. Dengan demikian para wirausaha dituntut
untuk meinilih dan menetapkan strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi
persaingan. Dengan adanya tekanan persaingan begitu ketat, baik secara langsung
atau tidak langsung sangat mempengaruhi kinerja organisasi bisnis baik dalam
hal teknologi, kebutuhan pelanggan dan siklus produk. Pada saat kondisi seperti
itulah sangat diperlukan strategi yang tepat dalam mengambil keputusan maupun
langkah-langkah tertentu untuk mempertahankan usahanya tersebut.
1.2 Tujuan
Untuk
melatih praktikan melakukan strategi jitu dalam berbisnis dalam bentuk
simulasi.
2.
TINJAUAN
PUSTAKA
Banyak
perubahan terjadi dalam lingkungan bebisnis
seperti perubahan teknologi produksi, teknologi imformasi dan struktur
organisasi mengakibatkan suatu organisasi untuk terus berkembang dalam mencapai
tujuan organisasi di tengah-tengah pesaingan bisnis yang semakin ketat (
Faisal. 2006)
Dalam
melakukan usaha 1( bisnis), sering tidak disadari di sekeliling kita muncul
persaingan-persaingan baru atau kita sadari menjadi persaingan baru dalam jenis
produk/jasa yang sama atau barang yang besifat dapat substitusi. Untuk merebut
pasar konsumen tidak semudah memebalikan telapak tangan tanpa memiliki mental
yang gigih, uler, kreatif inovatif dan strategi yang jitu maka usaha kita akan
mengalami kegiatan strategi keunggulan-keunggulan yang dimiliki, antara lain
menampung keterampilan berkomunikasi ( Bustaman Hendri dkk, 2004)
Pasar
persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang sangat banyak banyak dan produk yang di jual sangat bersifat homogen.
Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil intraksi antara penawaran dan
permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi
harga dan hanya dapat berperan harga. Barang dan jasa yang dijual dipasar ini
bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik.
Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A,
produsen B atau produsen C. Oleh karna itu promosi dan iklan tidak memberikan
pengaruh terhadap penjualan produk. Ketidak pastian tugas intraksi kompetisi
pasar, ketidak pastian lingkungan dan struktur organisasi, strategi bisnis dan
tidak kepastian lingkungan(Chong, 1996).
3.
METODOLOGI
3.1.Waktu
Dan Tempat
Praktikum di laksanakan
pada hari selasa, 20 oktober 2015 pukul 08:00 s/d 10:00 WIB, bertempat
disanggar kewirausahaan
3.2.Bahan
Dan Alat
Bahan yang di gunakan
adalah buah-buahan dan alat yang di gunkan tampan, karton, tali rapiah,
blinder, ATK.
3.3.Cara
Kerja
1. Praktikan
dibagi kedalam beberapa kelompok peran
a. Peran
sumber terdidri dari 1 orang penjual buah, 1 orang pembuat juz, 1 orang ahli
gizi, 1 orang menjadi pengamat.
b. Kunsumen
: artis, dokter, dosen, akuntan, salon, sopir angkot masing-masing terdiri dari
beberapa orang
c. Pedang/penjual
adlah praktikan yang berasal dari sisa praktikan yang terpilih pada pin 1 a dan
1 b. Masing-masing di bentuk dalam kelompok(ada 5 kelompok).
2. Pemegang
peran masing-masing diberi arahan sesuai dengan karakter masing-masing peran,yakni peran penjual buah
bertugas menjual buah kepada pedagang juz, pembuat juz menyewakan alat
juicer/blinder, ahli gizi melayani konsultasi gizi, pengamat mengavuluasi
kegiatan pasar. Penjual adalah menjual juz keoada konsumen, sehingga modal uang
yang di pinjam menjadi berkembang.
3. Masin-masing
peran di fasitasi antara lain penjual buah di beri buah, tukang juz di beri
blinder, konsumen dan pedagang di beri uang.
4. Aturan
main
a. Konsumen
dan penjual masing-masing di beri uang misalnya Rp.5.000(dalam bentuk recehan)
b. Harga
buah perpotong (1 kali jus) Rp.1.000. sewa jasa jus Rp.1.000 per 1 kali membuat jus, jaza konsultasi ahli gizi
3.000
5.
HASIL DAN PEMBHASAN
5.1. Hasil
Dalam
praktikum kompetisi pasar ( simulasi) yang dapat saya hasilkan bahwah didalam
praktikum yang berjudul kompetisi pasar saya sebagai pembeli barang dan barang
yang saya beli itu saya sangat suka karna menurut dari ahli gizi barang yang di
promosikan oleh para pedagang itu sudah sangat lengkap untuk kesehatan tubuh
kita, maka dari itu walaupun banyak pesaingan atau banyak yang menawarkan
barang lain dengan saya, saya tidak tertarik dikarnakan dari barang yang
pertama saya beli itu sudah membuat saya ketagihan dan saya sangat suka sekali.
5.2. Pembahasan
Di dalam praktikum ini dapat saya
bahas bahwah dalm kompetisi pasar bnyak persaingan dari pedagang lain,
kompetisipun terjadi. Saya disini berperan sebagai mahasiswa pembeli buah dalam
praktikum ini strategi yang saya lakukan yaitu membeli barang yang murah dan
berkelas untuk kesehatan saya. Caranya yaitu dengan menawar harga yang dia
tawarkan dengan saya, sehingga setelah saya tawar beberapa kali buah tersebut
sang penjual langsung memberikan, karna dia mengatakan alasannya adalah untuk
barang tersebut bisa habis dan bisa mengembalikan modal walaupun tidak
menghasilkan keuntungan. Maka dari itu saya sebagai seorang pembeli barang yang
ditawarkan oleh seorang penjual, saya tidak langsung tertarik dengan harga yang
pertama kali di tawrkan dengan saya, lebih baiknya saya periksa barang-barang
yang mau saya beli agar tidak terlanjur dan tidak menyesal dalam membeli barang
yang ditawarkan oleh penjual .
6. PENUTUP
6.1. Kesimpulan
Praktikum kewirausahaan ini tentang
bab kompetisi pasar mengajarkan mahasiswa bagaimana merasakan secara stimulasi
proses berwirausaha, mengidentifikasikan peluang pasar dan mampu berkompetisi
dalam dunia pasar serta mampu berpikir jitu dalam berwirausaha.
6.2. Saran
Dalam praktikum sebaiknya dengarkan
dan turuti perintah yang di berikan oleh ko-ass terhadap yang lagi di
praktikumkan agar praktikum yang kita laksanakan bisa berjalan dengan lancar
dan terkendali.
DAFTAR PUSTAKA
Bustaman
Hendri dkk, 2004.Petujuk praktikum
kewirausahaan UNIB-300.Bagi mahasiswa universitas bengkulu.Bengkulu
Chong,
1996. Kewirausahaan untuk mahasiswa dan
umum.penerbit afabeta. bandung
Faisal.2006.
Analisis pengaruh intesitas persaingan
dan variabel kontekstual terhadap penggunaan informasi berbisnis.simposium
nasional akutansi IX
Review ᐈ Casino Site | ᐈ Top Slot Games in India
BalasHapusTop 5 Casino Sites. New casinos · Baccarat, Craps, Roulette · Sic Bo · 메리트 카지노 고객센터 Keno · More · 카지노사이트 Roulette 메리트 카지노 · Sic Bo · Keno.